Header Ads

Link Banner

Jalur Penerbangan Papua Saat Pemerintah Nederland Nieuw Guinea ( Papua Tempo Dulu )

Jalur Penerbangan Papua Tempo Dulu

Ikuti dan membaca pada artikel kami [ StoryA Blogspot ]


Pada awal Tahun 1956 Pemerintah Nederland Nieuw Guinea menetapkan Biak menjadi Pusat Penerbangan Domestik dan Internasional, sehingga semua route penerbangan di Tanah Papua diatur dari Biak.

BACA BERIKUTnegara-amerika-serikat-dibangun-dari.

Route Penerbangan Maskape Pesawat Kroonduif yang mulai berlaku Tahun 1959 Di Papua Tempo dulu ialah sebagai berikut :

BACA BERIKUTriwayat-hidup-pastor-frans-lieshout-ofm.

1. Biak – Enarotali – Kokonao – Keppi – Merauke – Tanah Merah – Mindiptana – Oksibil – Ubrub – Hollandia ( Sentani ) Genyem – Sarmi – Biak

3. Biak – Manokwari – Sausafor – Sorong – Teminabuan – Fak Fak – Babo – Bintuni Baii – Ransiki – Biak

4. Biak – Serui – Sarmi – Sentani – Wamena – Bokondini – Enarotali – Biak.

5. Biak – Sentani – Genyem – Sentani – Ubrub – Sentani – Oksibil – Mindiptana – Tanah Merah – Merauke – Keppi – Kokonao – Kaimana – Biak

6. Biak – Manokwari – Ransiki – Bintuni – Babo – Kaimana – Fak Fak – Teminabuan – Sorong – Sausafor – Manokwari – Biak.

Route ini sangat tepat karena menjangkau di seluruh Tanah Papua pada masa itu baik itu route dari Barat sampai ke Timur, dari Utara ke selatan maupun route Pegunungan Tengah semua dijangkau.

"KROONDUIF"

Nama maskapai penerbangan ini kurang dikenal, namun NNGLM (Nederlands Niew Guinea Luchtvaart Maatschapij) ‘Kroonduif’ sudah terbang, membuka dan melayani jalur penerbangan perintis di Papua jauh sebelum adanya jembatan udara Merpati Nusantara.

HistoryA Blogspoot Berita Dan SejarahTutorials

Catatan; siapa saja yang membaca artikel sejara ini bisa dapat komentar pada blog kami 

Video Dokumenter Bandara Kemayoran DiThn 1910-1984

Sejarah Masa Lalu Selalu Aktual

SUMBERfacebook.com

1 comment: