Jalur Penerbangan Papua Saat Pemerintah Nederland Nieuw Guinea ( Papua Tempo Dulu )
Jalur Penerbangan Papua Tempo Dulu
Pada awal Tahun 1956 Pemerintah Nederland Nieuw Guinea menetapkan Biak menjadi Pusat Penerbangan Domestik dan Internasional, sehingga semua route penerbangan di Tanah Papua diatur dari Biak.
BACA BERIKUT : negara-amerika-serikat-dibangun-dari.
Route Penerbangan Maskape Pesawat Kroonduif yang mulai berlaku Tahun 1959 Di Papua Tempo dulu ialah sebagai berikut :
BACA BERIKUT : riwayat-hidup-pastor-frans-lieshout-ofm.
1. Biak – Enarotali – Kokonao – Keppi – Merauke – Tanah Merah – Mindiptana – Oksibil – Ubrub – Hollandia ( Sentani ) Genyem – Sarmi – Biak
3. Biak – Manokwari – Sausafor – Sorong – Teminabuan – Fak Fak – Babo – Bintuni Baii – Ransiki – Biak
4. Biak – Serui – Sarmi – Sentani – Wamena – Bokondini – Enarotali – Biak.
5. Biak – Sentani – Genyem – Sentani – Ubrub – Sentani – Oksibil – Mindiptana – Tanah Merah – Merauke – Keppi – Kokonao – Kaimana – Biak
6. Biak – Manokwari – Ransiki – Bintuni – Babo – Kaimana – Fak Fak – Teminabuan – Sorong – Sausafor – Manokwari – Biak.
Route ini sangat tepat karena menjangkau di seluruh Tanah Papua pada masa itu baik itu route dari Barat sampai ke Timur, dari Utara ke selatan maupun route Pegunungan Tengah semua dijangkau.
"KROONDUIF"
Nama maskapai penerbangan ini kurang dikenal, namun NNGLM (Nederlands Niew Guinea Luchtvaart Maatschapij) ‘Kroonduif’ sudah terbang, membuka dan melayani jalur penerbangan perintis di Papua jauh sebelum adanya jembatan udara Merpati Nusantara.
Catatan; siapa saja yang membaca artikel sejara ini bisa dapat komentar pada blog kami
Video Dokumenter Bandara Kemayoran DiThn 1910-1984
ITU SDH TERCATAT TP NKRI MEMUTAR BALIKKAN FAKTA
ReplyDelete